Warga Pabuaran Mekar Konsisten Jaga Lingkungan

 

Release Diskominfo Kabupaten Bogor
Kamis, 04 Oktober2018
CIBINONG

Warga Kelurahan Pabuaran Mekar kosisten menjaga lingkungan. Hal ini ditunjukan saat tim verifikasi Bogor Kabupatenku Green And Clean mengunjungi beberapa titik penilaian yakni di RW 03, 02, 08, 10, dan 05. Tim yang diketuai Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor menemukan ada upaya warga dalam menjaga lingkungan seperti membuat lubang biopori, memanfaatkan lahan pekarangan untuk penghijauan dan membuat bank sampah.

Sastri, ketua tim III dari Dinas Lingkungan Hidup menjelaskan, Bogor Kabupatenku Green And Clean adalah kegiatan yang diinisiasi masyarakat dan pemerintah dalam rangka meningkatkan kepedulian kita menjaga lingkungan sekitar. Ini bukan lomba, masyarakat harus menjadikan kegiatan ini sebagai hal yang berkelanjutan, meskipun di akhir kegiatan ada pemberian penghargaan kepada mereka yang dinilai terbaik.

“Dalam kegiatan ini, warga secara sukarela menjaga lingkungan dengan membuat lubang resapan air atau biopori. Warga bisa memelihara air tanah dengan biopori dan membuat pupuk kompos dengan memasukan sampah organik ke dalamnya. Warga juga bisa memanfaatkan pekarangan mereka dengan menanam tanaman,” jelas Sastri.

Khusus masalah sampah, lanjut Sastri, di beberapa titik warga sudah mulai membuat bank sampah sendiri. Warga sudah mulai peduli terhadap sampah dengan cara mengolahnya sendiri. Bahkan beberapa warga bisa membuat kerajinan tangan seperti fas kembang, dompet, tikar, tas, bahkan busana dari sampah daur ulang.

Lurah Pabuaran Mekar Apid Junaedi mengatakan, berharap warga yang sudah mengelola lingkungannya dengan baik bisa menularkan kepada lingkungan lainnya di Kelurahan Pabuaran Mekar. “Ini kegiatan yang sangat bermanfaat, kalau bukan kita, siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi kita jaga alam,” ungkap Apid.(Rido/Diskominfo Kabupatenn Bogor)


Komentar
    Belum ada komentar..
Kirim Komentar
Pimpinan
RENALDI YUSHAB FIANSYAH, S.Sos
RENALDI YUSHAB FIANSYAH, S.Sos
Agenda Kegiatan
Statistik Pengunjung
  • Hari Ini : 18
  • Kemarin : 73
  • Total : 70226
Download